Menu

"Satu-satunya batasan realisasi kita akan hari esok adalah keraguan kita akan hari ini"

Franklin D. Roosevelt

Sesuai dengan amanat UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, BKPP Kota Magelang melaksanakan penilaian kompetensi kepada sejumlah ASN Kota Magelang. Bertempat di Hotel Safira Magelang, kegiatan berlangsung selama 2 (dua) hari Senin dan Selasa (23 dan 24 April 2018). Peserta penilaian kompetensi adalah para Administrator sebanyak 35 pegawai dan Pengawas sebanyak 25 pegawai.

Penilaian kompetensi dilakukan oleh tim Assessment dari Unit Penilaian Kompetensi Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah. Adapun materi penilaian yang diberikan meliputi psikotes, pengisian kuesioner dan wawancara untuk Pengawas dan untuk Administrator ditambah dengan materi LGD.

Pelaksanaan kegiatan ini sebagai salah satu alur yang digunakan untuk membuat maping/peta jabatan. sebagai lingkup dalam promosi dan rotasi. Tujuan dari pelaksanaan ini adalah untuk memotret potensi dan kompetensi masing-masing peserta assessmen. Melalui assessmen diharap masing-masing peserta menunjukkan kemampuan yang sebenarnya. Bagi Pemerintah Kota Magelang sendiri akan memiliki data profil potensi dan kompetensi pegawai sebagai dasar pengembangan karir pegawainya. Selain dilihat secara individu, assessmen ini juga melihat kompetensi pegawai sebagai tim kerja.

Assessmen ini mengingatkan kepada pejabat pentingnya standarisasi. Artinya dalam mengambil keputusan dan melakukan komunikasi dengan tim kerja harus ada konsep dan standarisasinya. Sebagaimana diketahui bahwa pengembangan karir ASN dilakukan berdasar atas kualifikasi, kompetensi, penilaian kinerja dan kebutuhan instansi. Adapun kompetensi yang harus dimiliki aparatur sipil negara adalah kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural. Undang-Undang ASN mempunyai misi memindahkan Aparatur Sipil Negara yang selama ini berada pada zona nyaman bertransformasi ke zona kompetitif melalui sistem merit. Pembinaan PNS mulai dari sistem rekrutmen hingga pengangkatan ke dalam jabatan menekankan 3 (tiga) aspek mutlak yakni kualifikasi, kompetensi dan kinerja. (ng)

Pengunjung

Hari ini2
Kemarin143
Minggu ini956
Bulan ini2301
Total351022
Powered by CoalaWeb

Sedang Online

Kami memiliki 10 tamu dan tidak ada anggota online

Go to top