Menu

"Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil"

Mario Teguh

Magelang: dalam reformasi birokrasi salah satu area perubahan yang ditetapkan adalah mental aparatur. Permasalahan birokrasi yang masih berulang dan belum tuntas untuk diselesaikan adalah perilaku negatif para birokrat. Stigma buruk selama ini masih melekat di tubuh ASN. Ketidakpercayaan masyarakat terhadap kinerja PNS masih menjadi ‘PR’ bagi pegawai itu sendiri maupun bagi pemerintah. Perlu dilakukan reformasi mental terutama mental birokrasi sebagai motor penggerak dari perubahan. Perubahan mental diharapkan bermakna dan berkesinambungan.

Reformasi mental menjadi hal yang penting untuk mengubah paradigma negatif masyarakat terhadap ASN agar menjadi pegawai yang berkompeten dan beretika. Untuk itu Pemerintah Kota Magelang menyelenggarakan Pelatihan Revolusi Mental terhadap 100 PNS yang merupakan PNS pengangkatan tahun 2014-2015. Pelatihan digelar di Aula Prambana Hotel Puri Asri, Magelang hari Selasa-Rabu (10-11 Juli 2018). Melalui pelatihan revolusi mental diharapkan dapat membangun karakter/ mental SDM aparatur Pemerintah Kota Magelang yang memiliki kompetensi dalam melakukan perubahan cara pandang, cara berfikir dan cara kerja dalam memberikan pelayanan.

Aparatur Sipil Negara sebagai agen perubahan harus mampu melakukan perubahan dalam ‘cara berfikir dan cara merasa’ yang diterjemahkan dalam perilaku dan tindakan nyata keseharian di kehidupan dan dalam berbagai aspek baik perilaku politik, perilaku ekonomi, perilaku pendidikan, perilaku kerja dan perilaku sosial kemasyarakatan. Sebagai aparatur mempunyai sikap yang profesional, integrity, dan berkarakter melayani. Aparatur juga berperan sebagai pemersatu bangsa dan mempunyai semangat patriotisme yang berwawasan kebangsaan.

Pelatihan dengan durasi dua hari dengan materi Sejarah Perjalanan Bangsa sebagai Inspirasi Revolusi Mental, Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa, Konsep Gerakan Revolusi Mental, Membangun pola Pikir Revolusi Mental, Spiritual dan Motivasi Kebangsaan dan Isu Strategis Kehidupan Berbangsa. Adapun pemateri dalam pelatihan adalah tim dari PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta. Dan acara tersebut dibuka oleh Aris Wicaksono, SE selaku Kepala BKPP Kota Magelang. (ng)

Pengunjung

Hari ini2710
Kemarin2256
Minggu ini5661
Bulan ini11723
Total314199
Powered by CoalaWeb

Sedang Online

Kami memiliki 34 tamu dan tidak ada anggota online

Go to top