Menu

"Dalam setiap kisah sukses, Anda akan menemukan seseorang yang telah mengambil keputusan dengan berani"

Peter F. Drucker

Sebanyak 172 PNS mengikuti prosesi Pengambilan Sumpah/Janji pada hari Senin, 19 Oktober 2020. Pengucapan Sumpah/Janji PNS dilakukan dalam upacara khidmat dan mengambil tempat di Pendopo Pengabdian, Rumah Jabatan Walikota Magelang. Di tengah situasi pandemi covid-19, prosesi upacara pengambilan sumpah/janji dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Pengucapan sumpah/janji merupakan salah satu persyaratan yang wajib dilakukan oleh seorang PNS. Setiap calon PNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah/janji menurut agama atau kepercayaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Sumpah/janji adalah bentuk ikrar PNS untuk setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, Negara, Pemerintah, juga peraturan perundang-undangan yang berlaku. Didalamnya juga mengandung komitmen PNS untuk melaksanakan tugas kedinasan dengan penuh pengabdian dan tanggung jawab, menjunjung tinggi kehormatan negara dan mengutamakan kepentingan negara. PNS juga bersumpah untuk bekerja dengan jujur, tertib, cermat, dan bersemangat.

Sumpah secara langsung diambil oleh Walikota Magelang selaku Pejabat Pembina Kepegawaian. Dalam mengambil sumpah, Walikota mengucapkan sumpah/janji kalimat demi kalimat dan kemudian diikuti oleh PNS yang mengangkat sumpah/janji dengan disaksikan oleh dua orang saksi dan didampingi oleh rohaniwan dari 4 agama yaitu Islam, Katolik, Kristen dan Hindu. Pejabat yang ditunjuk sebagai saksi adalah Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan (Bp. Yis Romadon, SKM, M.Kes) dan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Bp. Drs. Sahid, M.Pd).

Turut hadir pula Sekretaris Daerah Kota Magelang dan beberapa Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Magelang sebagai tamu undangan. Setelah pengucapan sumpah, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara secara simbolis. Dalam sambutannya Walikota Magelang menegaskan bahwa sumpah/janji ini merupakan pernyataan komitmen seorang PNS sebagai abdi negara dan abdi masyarakat yang harus terpatri di hati sanubari seorang PNS. Walikota juga mendorong para PNS untuk mewujudkan visi Kota Magelang dengan terus meningkatkan kapasitas dan kualitas kinerjanya dengan penuh tanggung jawab dan menjunjung tinggi etika profesi. (Moon)

Pengunjung

Hari ini102
Kemarin139
Minggu ini1046
Bulan ini4350
Total331885
Powered by CoalaWeb

Sedang Online

Kami memiliki 13 tamu dan tidak ada anggota online

Go to top